Event Single

PENGARUH GADGET PADA PERKEMBANGAN REMAJA MASA KINI

Dalam beberapa tahun terakhir, gelombang globalisasi telah berlalu begitu cepat sehingga tampaknya lepas kendali. Salah satu bentuk perkembangan teknologi yaitu perangkat yang berdampak pada pelajar atau generasi muda. Saat ini hampir semua orang memiliki perangkat komunikasi canggih. Tak terkecuali bagi pelajar dan remaja yang masih bersekolah.

Tanpa disadari, penggunaan gawai menimbulkan konsekuensi dan permasalahan bagi remaja di sekolah karena penggunaannya mengarah ke arah yang negatif. Beberapa siswa juga menggunakan fungsionalitas perangkat untuk mengakses konten dan informasi yang seharusnya tidak terlihat.

Di sisi lain, banyak siswa yang menggunakan gadget untuk memberikan manfaat seperti belajar dan memperdalam pemahaman mereka terhadap materi. Banyak sekolah yang melarang siswanya membawa gawai ke sekolah untuk mengatasi dampak negatif gawai.

Sebaliknya, sekolah menawarkan fasilitas komputer dan internet yang mudah diakses.

Cara ini dinilai lebih efektif untuk mengatasi dan memantau penggunaan gawai di kalangan pelajar SMA dan generasi muda. Sekolah memberikan sanksi kepada siswa yang kedapatan melanggar peraturan dan membawa gawai ke sekolah. Selain itu, tanpa gawai, siswa merasa bisa lebih fokus pada materi yang ditawarkan di kelas.

Kebijakan ini juga diharapkan dapat mendorong siswa untuk lebih berprestasi dan mencapai hasil belajar yang baik. Tidak hanya peran sekolah, orang tua juga perlu melakukan pengawasan yang lebih ketat.

Orang tua perlu mengetahui akses perangkat anak untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Orang tua juga harus mengajarkan anak cara menggunakan gawai dengan baik dan benar. Selain itu, sudah saatnya pendidik guru mengikuti dan memahami evolusi teknologi dan perangkat.

Hal ini membuat proses belajar mengajar lebih mudah dengan perangkat. Sekolah harus menetapkan aturan untuk mencegah siswa menggunakan gawai untuk tujuan yang tidak baik bagi mereka. 

Copyright 2022 PT. Bankir Academy Indonesia